Logo WhatsApp
CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 14-03-2023 18:17:21

Memaksimalkan Fitur WA Bisnis

Komunikasi adalah salah satu faktor kunci dalam kesuksesan suatu bisnis. Berikut adalah beberapa alasan mengapa komunikasi sangat penting bagi bisnis

Membantu membangun hubungan yang kuat dengan karyawan: Komunikasi yang efektif antara manajemen dan karyawan dapat membantu membangun hubungan yang kuat, saling memahami, dan saling menghargai. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas, meningkatkan motivasi dan kinerja karyawan.

Membantu membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan: Komunikasi yang efektif dengan pelanggan dapat membantu membangun hubungan yang kuat dan memperkuat merek bisnis Anda. Pelanggan akan merasa dihargai dan diperhatikan ketika bisnis Anda dapat memberikan informasi yang jelas dan tepat waktu tentang produk atau layanan Anda, serta responsif dalam menangani pertanyaan dan masalah.

Meningkatkan efisiensi dan produktivitas: Komunikasi yang efektif memastikan bahwa informasi dan arahan yang diperlukan tersampaikan dengan jelas dan tepat waktu. Hal ini dapat membantu menghindari kesalahpahaman dan meminimalkan kesalahan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Meningkatkan kolaborasi dan kreativitas: Komunikasi yang efektif antara tim dapat membantu mendorong kolaborasi dan kreativitas. Ketika tim dapat berbagi ide dan memberikan umpan balik dengan cara yang terbuka dan jujur, maka hal ini dapat menghasilkan ide-ide inovatif dan solusi-solusi yang lebih baik.

Membantu mengatasi masalah: Komunikasi yang efektif dapat membantu mengatasi masalah dan meminimalkan risiko bisnis. Ketika masalah terjadi, bisnis yang memiliki sistem komunikasi yang kuat dapat merespon lebih cepat dan lebih efektif, yang pada akhirnya dapat mengurangi dampak negatif pada bisnis. Untuk membangun komunikasi yang efektif, kita bisa memaksimalkan Fitur Bisnis yang ada di WA Bisnis

 

5 Fitur WhatsApp Business yang Perlu Anda Optimalkan

(referensi umkmindonesia.id)

Fitur WhatsApp Business yang dapat Anda gunakan untuk membangun interaksi dengan konsumen adalah sebagai berikut:

1. Profil Bisnis

Pada fitur ini, Anda dapat membuat profil bisnis dengan menjelaskan informasi yang bermanfaat kepada konsumen Anda, berupa nama brand Anda, logo brand, kategori bisnis, dan alamat bisnis yang membantu konsumen Anda mengenali brand Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mengisi jam operasional dari bisnis Anda sehingga konsumen dapat mengetahui kapan mereka sebaiknya menghubungi bisnis Anda. WhatsApp Business juga menyediakan informasi email dan situs web yang dapat Anda isi untuk mengontak Anda lebih lanjut.

Fitur ini sangat membantu untuk menjelaskan profil bisnis Anda sehingga Anda tidak perlu menjelaskan kepada konsumen secara satu per satu. Konsumen yang mengunjungi kontak Anda akan melihat sendiri profil bisnis Anda.

Tonton Video Tutorial Cara Membuat Profil di WA Bisnis

 

2. Katalog Produk

Katalog produk adalah sebuah informasi yang dapat diakses oleh konsumen Anda untuk mengetahui produk apa saja yang Anda tawarkan. Katalog juga akan memberikan kemudahan konsumen untuk berinteraksi dengan bisnis Anda. berikut adalah tips yang bisa digunakan oleh Anda dalam memaksimalkan fitur katalog ini:

Menambah produk atau layanan ke katalog Anda

Untuk menambahkan produk ke katalog WhatsApp Business Anda, berikut langkahnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp Business > Pengaturan > Fitur Bisnis > Katalog.
    Jika Anda membuat katalog baru, ketuk Tambah Produk atau Layanan.
  • Ketuk ikon tanda tambah biru atau Tambah item baru. Lalu ketuk Tambah Gambar.
  • Ketuk Pilih Foto untuk mengunggah gambar dari Foto atau Ambil Foto untuk mengambil gambar baru. Anda dapat mengunggah hingga 10 gambar.
  • Masukkan nama produk atau layanan. Anda juga dapat memberi detail opsional seperti harga, deskripsi, tautan situs web, dan kode untuk produk atau layanan yang diunggah.
  • Ketuk Simpan.

 

Tonton Video Tutorial : Cara Membuat Katalog Bisnis di WA Bisnis

Kini Anda telah berhasil menambahkan produk di WhatsApp Business Anda. Kini Anda perlu mengetahui cara menghapus produk semisal produk yang Anda jual tidak lagi tersedia. Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Menghapus produk atau layanan dari katalog Anda

  • Buka aplikasi WhatsApp Business > Pengaturan > Fitur Bisnis > Katalog.
  • Gesek ke kiri produk atau layanan yang ingin Anda hapus. Kemudian ketuk Hapus > Hapus.
  • Alternatif lainnya, pilih gambar produk atau layanan yang ingin Anda hapus. Kemudian ketuk Edit > Hapus > Hapus.

 

3. Balas Cepat

Dalam bisnis tentu kita sering membalas pertanyaan yang sama secara berulang-ulang kali, bukan. Fitur Balas cepat ini sangat membantu memungkinkan Anda untuk menyimpan dan menggunakan pesan yang sering digunakan, agar Anda dapat mudah menjawab pertanyaan umum dengan cepat.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Di aplikasi WhatsApp Business, ketuk Pengaturan.
  • Ketuk Fitur Bisnis > Balas Cepat.
  • Ketuk Tambahkan (Tombol ‘+’) .
  • Ketuk Masukkan pesan untuk membuat pesan yang Anda inginkan.
  • Ketuk Pintasan untuk mengatur pintasan papan ketik untuk balas cepat Anda.
  • Ketuk Simpan.

 

Untuk membuat perintah balas cepat di WhatsApp Business, Anda perlu memahami dan mengikuti perintah sebagai berikut:

  • Message – Kolom ini berguna untuk mengisikan ‘Isi pesan’ yang akan Anda jadikan balasan cepat.
  • Shortcut – Shortcut diawali dengan tanda garis miring (/) berguna untuk ‘memanggil pesan’ yang Anda tuliskan di kotak isian pesan tadi.
  • Keyword – Keyword berguna untuk ‘memudahkan pencarian’ berdasarkan kata kunci yang Anda masukkan. Keyword atau kata kunci ini akan berguna untuk penyortiran jika Anda memiliki beberapa balasan cepat di dalam daftar chat. Anda diberikan kesempatan untuk memberikan 3 kata kunci dalam setiap pesan balas cepat di WhatsApp.

Untuk menggunakan fitur ini, maka Anda hanya perlu mengetikkan tanda garis miring “/” dan memilih pesan mana yang mau Anda kirimkan. Anda juga dapat mengedit pesan dan memberikan emoticon sebelum mengirim pesan tersebut.

 

Tonton Video Tutorial : 

Cara Membuat Balas Cepat di WA BUSINESS

Cara Membuat Pesan Otomatis di WA Bisnis

 

4. Membuat Label

Dalam bisnis kita membutuhkan sebuah pengingat atau label kepada konsumen kita untuk dapat mengetahui mana konsumen yang belum membayar, konsumen baru, konsumen yang sudah membayar, dan lain sebagainya sesuai dengan bisnis Anda.

WhatsApp Business memiliki fitur label untuk keperluan tersebut. Fitur ini dapat memiliki fleksibilitas sehingga dapat Anda sesuaikan dengan keadaan bisnis Anda. Anda dapat mengelola kontak atau chat dengan label agar Anda dapat menemukannya kembali dengan mudah.

Untuk mengaktifkan fitur label pada WhatsApp Business, Anda dapat mengikuti langkah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp Business > ketuk Pengaturan.
  • Ketuk Fitur Bisnis > Label > Tambah Label Baru.
  • Masukkan nama label > ketuk Simpan.

Anda juga memiliki cara alternatif dengan ketuk Chat dan gesek ke bawah pada layar Anda. Lalu ketuk Label > Tambah Label Baru > masukkan nama label > ketuk Simpan. Anda perlu mengetahui bahwa Anda dapat membuat label hingga 20 label.

 

5. Pesan Otomatis

Dalam bisnis, Anda tentu memiliki jam operasional namun tidak dapat dipungkiri bahwa konsumen Anda juga bisa menghubungi bisnis Anda di luar dari jam operasional. Hal tersebut sebaiknya tetap perlu direspon dengan baik dan memberitahu konsumen Anda bahwa mereka menghubungi di luar dari jam operasional.

Hal ini cukup merepotkan apabila dikerjakan secara manual. Anda membalas pesan tersebut satu per satu. Bisa jadi waktu yang seharusnya Anda pakai untuk istirahat justru terpakai untuk membalas pesan di luar jam operasional tersebut.

Oleh karena itu, WhatsApp Business menghadirkan fitur pesan otomatis. Pesan otomatis adalah fitur untuk setel pesan di luar jam kerja ketika Anda tidak dapat merespons sehingga pelanggan mengetahui kapan mereka akan memperoleh balasan. Anda juga dapat membuat salam untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada pelanggan.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Klik menu Pesan di luar jam kerja lalu aktifkan tombol Kirim pesan di luar jam kerja.
  • Isilah dengan pesan yang ingin Anda kirimkan pada pelanggan.
  • Atur jadwal pesan tersebut akan dikirimkan pada pelanggan.
  • Anda juga bisa mengatur siapa saja penerimanya. Pilihannya ada untuk siapa saja, semua orang dengan pengecualian, khusus satu penerima, atau siapapun kecuali yang tidak tersimpan dalam kontak.
  • Jika sudah selesai mengatur, klik Simpan.

Pesan yang sudah Anda tuliskan sebelumnya akan terkirim secara otomatis. Sebagai catatan, Apabila Anda memilih pesan yang dikirimkan hanya untuk di luar jam kerja, maka Anda harus selalu terkoneksi dengan internet.

Teknologi informasi telah mengubah cara kita dalam menjalani hidup, salah satunya menjalani bisnis. Dengan perkembangan teknologi informasi, kebutuhan terhadap fitur yang memudahkan kita dalam menjalani bisnis dapat terpenuhi, salah satunya dengan menggunakan WhatsApp Business. WhatsApp Business memiliki fitur yang baik untuk menunjang perkembangan bisnis dan hubungan Anda bersama konsumen. Kini sudah saatnya Anda beralih menggunakan WhatsApp business sekarang juga.

 

Silahkan Anda dapat mengikuti langkah-langkah diatas unttuk Memaksimalkan Semua Fitur yang ada di Whatsapp Business

 

Baca juga : PELATIHAN BUKA USAHA LAUNDRY BEKASI

Anda juga dapat mengikuti Pelatihan Online kami yang akan diadakan pada hari Sabtu tanggal 4 Februari 2023 untuk pelatihan selanjutnya membuka usaha yang baru, info lengkap bisa TRAINING ONLINE JASA WANTEX 

PELUANG USAHA PELATIHAN CUCI SEPATU TAS HELM BEKASI

Info pelatihan bisa klik PELUANG USAHA PELATIHAN CUCI SEPATU TAS HELM BEKASI

 

Banyak orang yang bertanya mengenai pelatihan laundry bogor, pelatihan laundry jakarta, pelatihan laundry online,training and laundry, pelatihan laundry bali,pelatihan bisnis laundry, pelatihan usaha laundry bandung, kursus buka laundry, training buka laundry, pelatihan chemical laundry,,pelatihan laundry ibl center,laundry training course online, laundry training course, laundry training center, pelatihan laundry di bali, pelatihan laundry depok, pelatihan laundry di jawa timur, pelatihan laundry di yogyakarta, pelatihan laundry di tangerang, kursus laundry di yogyakarta, kursus laundry di surabaya,kursus laundry di sidoarjo,pelatihan laundry gresik, pelatihan laundry semarang, pelatihan laundry jogja,pelatihan usaha laundry, pelatihan usaha laundry, kursus laundry jogjatraining laundry jakarta, pelatihan laundry sepatu jakarta, pusat pelatihan laundry jakarta, pelatihan laundry karpet, pelatihan usaha laundry kiloan jakarta, kursus pelatihan laundry di jakarta, pelatihan laundry surabaya,pelatihan laundry malang, pelatihan laundry medan, pelatihan manajemen laundry rumah sakit,modul pelatihan laundry, training laundry machine, laundry training manual pdf, kursus laundry online, training on laundry business, pelatihan laundry prakerja,pelatihan pengusaha laundry, pelatihan cara membuat parfum laundry, pusat pelatihan laundry di jakarta, laundry training plan, pelatihan laundry rs, pelatihan laundry sepatu dan tas, pelatihan laundry solo, pelatihan laundry sepatu bandung, pelatihan laundry sepatu surabaya,pelatihan laundry tangerang,laundry training topics, pelatihan usaha laundry di semarang, pelatihan usaha laundry di bekasi, training untuk laundry. Ikuti terus informasi Pelatihan Laundry hanya di Jasa Laundry Terdekat

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelatihan Gratis Buka Laundry Bekasi

Posting by Admin

Pelatihan Gratis Buka Laundry Bekasi

Memaksimalkan Fitur Whatsapp Business Pemerintah melakukan tindakan dan upaya inovasi melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan dengan menggelar peluncuran perdana program bantuan pemerintah berupa program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) dan Pendidikan Kecakapan W



352 Kali